Mahasiswa Prodi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Melakukan Kunjungan Studi ke Jakarta Smart City

Kamis, 27 Februari 2020 Mahasiswa Prodi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri melakukan kunjungan ke Jakarta Smart City (JSC) yang beralamat di Gedung Balai Kota DKI Jakarta Jl. Medan Merdeka Sel. No.8-9, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110. dengan didampingi oleh Ibu Fitri Latifah dan Ibu Widiastuti selaku staff prodi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri. Kunjungan dimulai pada pukul 7.30 wib - 16.30 WIB ini bertujuan untuk memberi gambaran bagi mahasiswa tentang teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola jakarta dan mengetahui sistem yang telah berjalan didalamnya dalam memprtinggi efisiensi dan memperbaiki pelayanan publik dalam meningkatkan kesejahteraan warga jakarta. Kunjungan ilmiah yang diikuti oleh  kurang lebih 15 orang mahasiswa semester 1 beserta dosen pendamping ini tiba di Gedung Balai Kota pukul 11:00 WIB dan disambut oleh ibu Geovani dan bu Mega selaku instruktur di Jakarta Smart City. Suasana kunjungan kali ini sangat menyenangkan kita dapat mengetahui program yang terdapat di Jakarta Smart City. Mengetahui pelayanan yang sampai ini kurang diketahui oleh masyarakat karena JSC sendiri belum menerapkan program sosialisasi terhadap warga jakarta secara menyeluruh, mereka menginginkan kita bisa berkunjung kembali dengan membawa banyak mahasiswa agar semua layanan yang ada bisa disebar luaskan. Banyak sekali program yang terdapat di Jakarta Smart City, yang di namai CRM ( Cepat Respon Masyarakat ) di dalamnya terdapat fitur Jaki (Jalan Terkini) dan Qlue (keluaran keluhan) dimana program ini bisa diakses melalui website Jakarta Smart City (smartcity.jakarta.go.id) didalamnya terdapat media sosial seperti facebook, instagram, twiter, youtube jakarta smart city ada juga info-info yang mungkin masyarakat butuhkan berupa info harga tanah, CCTV setiap tempat, info harga barang dalam pasar yang di update setiap harinya maksimal jam 10 pagi, informasi kamar kosong di rumah sakit, ambulance gratis dari BPBD. form keluhan setiap bidang masyarakat seperti perhutanan, perhubungan dsb. Masyarakat bisa mengakses secara umum dan berkeluh kesah dengan masalah yang ada menggunakan bukti berupa foto tempat yang bermasalah, maka dengan cepat dan tanggap pihak yang terkait akan mengatasi dan memberi solusi semua permasalahan yang ada dengan jangka waktu 24 jam. Qlue tersebut berupa keluaran berupa tanggapan dari pemerintah menggunakan bukti foto bahwa masalah sudah teratasi. Kunjungan studi ini berjalan lancar dari awal hingga akhir sesi, kunjungan ini diharapkan menjadi awal dari kerjasama yang baik antara STMIK Nusa Mandiri dan Jakarta Smart City serta dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Melalui kunjungan ini dapat memberikan motifasi untuk memperdalam dunia IT.

WhatsApp-Button