Sejarah Universitas Nusa Mandiri

Sejarah Universitas Nusa Mandiri

Tonggak berdirinya Universitas Nusa Mandiri berangkat dari motivasi untuk memuliakan kehidupan bangsa Indonesia. Kami Yayasan Indonesia Nusa Mandiri terpanggil untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Pada sisi lain pembangunan yang akan dan sedang dilakukan anak bangsa ini tidak bisa lepas dari perkembangan dan peningkatan teknologi informasi. Kondisi ini membutuhkan kemampuan untuk berinovasi, bersinergi dan beradaptasi dengan teknologi yang berorientasi dengan kebutuhan hidup masyarakat. Sementara kemampuan berinovasi serta pengimplementasian masyarakat akan teknologi belum optimal. Inilah yang melatarbelakangi pendirian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri yang merupakan cikal bakal Universitas Nusa Mandiri.
Dimulai pada tanggal 8 Agustus 2001 Yayasan Indonesia Mandiri melalui Universitas Nusa Mandiri dibawah pimpinan Bapak Sigit Swasono resmi melakukan misi mulia pada bidang pendidikan. Legalisasi hal ini didukung dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 17/DO/2003 mengenai izin penyelenggaraan kegiatan pendidikan dengan nama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri yang dikenal dengan STMIK Nusa Mandiri. Pada awalnya STMIK Nusa Mandiri hanya diperuntukan untuk jenjang strata satu (S1) dengan pilihan program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Namun selang tujuh tahun berdiri, tepatnya pada 27 Agustus 2008 STMIK Nusa Mandiri resmi menjalankan program pascasarjana (S2) melalui izin penyelenggaraan bernomor 2858/D/T /2008 dengan program studi Ilmu Komputer. STMIK Nusa Mandiri bertransformasi menjadi Universitas Nusa Mandiri pada tanggal 5 April 2021 yang disahkan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82/E/O/2021 tanggal 5 April 2021 tentang izin Penggabungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika an Komputer Nusa Mandiri di Jakarta dan Akademi Pariwisata Tridaya di Jakarta menjadi Universitas Nusa Mandiri di Jakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Indonesia Nusa Mandiri. Universitas Nusa Mandiri mengelola 2 (dua) fakultas yaitu Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Fakultas Teknologi Informasi (FTI) membawahi 4 (empat) program studi yaitu S2 Ilmu Komputer, S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Sains Data. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) membawahi 3 (tiga) program studi yaitu S1 Bisnis Digital, S1 Manajemen, dan D3 Perhotelan.
Sampai saat ini kami selalu melakukan inovasi, berkembang dan beradaptasi dengan berbagai hal yang arahnya berorientasi untuk pendidikan bangsa.

WhatsApp-Button